Recent Posts

    pengertian hosting dan domain




     Suatu saat anda mencari data tentang hosting dan domain. Anda mungkin akan segera membuka google dengan mengetikan keyword “hosting domain ialah”, “hosting domain adalah”, “hosting domain yaitu”, dan sebagainya. Bila iya, maka anda tidak perlu repot-repot mencarinya digoogle. Datang saja kesini. Dengan alasan itulah blog ini ada. Artikel ini akan membahas sedikit tentang istilah-istilah tersebut.

    Jadi apa itu hosting? Apa pula itu domain?

    Hosting

    Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang hendak kita buat online sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host. Kini banyak tersedia host-host yang ditawarkan yang ada di internet. Mulai yang berbayar, sampai yang gratis sekalipun. Yang gratis biasanya nama domain yang kita dapatkan hanyalah subdomain dari situs induk dimana kita mendaftar disitus tersebut. Contoh situs yang gratis adalah www.cjb.net www.000webhost.com www.ripway.com dan masih banyak lagi.

    Mungkin anda bertanya, bila ada hosting yang gratis, mengapa harus pakai yang berbayar? Ini pertanyaan yang menarik dan situasional menurut penulis. Domain berbayar menawarkan anda fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis. Contohnya tersedianya fitur-fitur seperti: fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql, bebas iklan yang tidak kehendaki, dan yang lain sebagainya.

    Situasional? Mengapa saya tulis demikian? Karena bila anda dalam keadaan darurat, atau kemampuan finansial anda sedang down, tidak ada salahnya menggunakan hosting gratis. Toh yang terpenting itu nama domain situs anda. Orang-orang akan mengingat domain anda tersebut jikalau memang menarik.

    Sedangkan hosting gratis banyak batasannya. Kita tidak bisa menentukan space yang akan kita gunakan, sering adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki, aksesnya yang lambat, dan lain sebagainya.

    Domain

    Domain adalah nama situs anda yang unik di dunia internet. Unik disini berarti nama situs anda hanya andalah pemiliknya di internet. Contohnya google.com. Apakah ada situs lain selain google yang namanya sama? Tentu saja tidak ada. Nama google di internet hanya satu. Tidak seperti nama manusia, bisa jadi nama wita ada banyak orang yang menggunakannya bukan. Tentu saja.

    Jadi domain adalah identitas anda diInternet. Kartu elektronis anda diinternet. Peluang bisnis anda diinternet.

    Sedikit tentang teori domain. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah manusia dalam mengakses komputer diinternet. Dalam dunia jaringan komputer, dikenal dengan nomor ip. Nah sebenarnya itulah kode yang digunakan komputer untuk mengakses suatu situs. Contoh nomor ip diinternet adalah 202.134.1.155. Itu hanya baru satu situs. Bayangkan bila anda bekerja pada beberapa situs yang berbeda. Tentu akan susah mengingat angka-angka tersebut bukan. Maka dari itulah dibuat fasilitas domain. Bila diumpamakan lagi, domain itu bagaikan buku telepon pada sebuah handphone. Orang-orang tentu lebih mengingat nama dibandingkan nomor telepon bila hendak ingin menghubungi seseorang bukan.

    Memilih webhosting dan domain yang bagus

    Banyak situs-situs webhost (penyedia jasa hosting) yang menyediakan hosting dan domain dengan harga yang beraneka ragam. Kebanyakan harga-harga yang ditawarkan tidak lagi semahal waktu yang dulu. Metode pembayarannya pun beragam. Mau dibayar perbulan, pertahun, dsb.

    Penulis mempunyai rekomendasi bagi anda yang hendak membuat situs online di internet, webhosting apa yang bagus untuk situs anda. Rekomendasi penulis adalah www.dijaminmurah.com. Bukan hanya karena blog ini merupakan afiliasi terhadap web tersebut maka penulis merekomendasikannya :D lebih dari itu, www.dijaminmurah.com merupakan webhost yang banyak menguntungkan para penggunanya. Coba saja anda buka situs nya. Disana anda akan terkejut melihat harga yang ditawarkannya. Anda bisa melihat hosting yang letaknya di Indonesia yang berukuran 500 MB saja dihargainya sebesar Rp. 22.500 perbulan. Apabila anda hendak memilih yang pertahun, maka anda akan hemat 35%. Yaitu anda cukup membayar sebesar Rp.240.000. Bayangkan bila anda memilih webhosting yang lain yang rata-rata perbulan berkisar antar Rp.50.000 perbulan untuk 100 MB hosting saja. Bila hitungannya pertahun, anda bisa hitung sendiri. Disamping itu, proses nya pun relatif singkat. Penulis pernah membuat hosting untuk salah satu klien penulis. Sesaat dia transfer uang kepada admin www.dijaminmurah.com kira-kira beberapa menit kemudian hosting dan domain pun sudah aktif.

    Untuk hosting dengan space sebesar 500 MB dan Bandwidth sebesar 30 GB, penulis cukup membayar Rp.240 pertahun. Untuk domain .com penulis membayar RP.67.500 pertahun. Aktivasi gratis. Total pengurusan selama 1 Tahun adalah Rp. 307.500. apalagi bila anda menggunakan server diluar Indonesia, biayanya akan lebih murah dari harga tersebut. Tapi koneksi agak sedikit dibawah server indonesia karena alasan jarak. Tapi dengan harga yang lebih terjangkau yang ditawarkan akan tetap menguntungkan anda. Karena itulah penulis merekomendasikan situs ini.

    Untuk domain, pilihlah domain yang sesuai dengan situs anda. Bila situs anda merupakan organisasi, maka pakailah domain .org. Bila situs anda merupakan universitas di Indonesia, pakailah domain .ac.id. Bila situs anda bergerak dibidang bisnis, pakailah domain .com. Tapi semua itu kembali kepada anda. Terserah anda mau pakai yang mana anda suka. Tidak menutup kemungkinan bila situs anda merupakan situs organisasi, anda memakain domain .com sebagi domain anda, atau sebaliknya. Tidak ada yang melarang

    Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...............


    jangan lupa klik link di bawah ini dulu http://www.bigextracash.com/aft/d35defa5.html

    Belum ada Komentar untuk "pengertian hosting dan domain"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel